Mengenal Bawang Bombay Putih Serta Kegunaannya

Bawang bombay memang tidak sepopuler bawang merah ataupun bawang putih di dalam negeri. Namun memang tetap ada sebagian jenis hidangan yang mengandalkan bahan yang satu ini sebagai bumbu mereka. Bawang bombay pada dasarnya memang memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bawang-bawang yang lainnya, rasanya juga sedikit lebih manis, kebanyakan hidangan Timur Tengah dan juga Eropa mengandalkan bumbu tersebut. bawang bombay ini juga hadir dalam beberapa jenis, diantaranya adalah bawang bombay putih yang paling mudah dijumpai di pasaran lokal.

Ciri-Ciri Bawang Bombay Putih

Pada dasarnya bawang bombay memang ada yang berwarna merah da juga putih, mungkin masih banyak diantara Anda yang kesulitan dalam mengenali bawang bombay putih, berikut ini beberapa cirinya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Bawang bombay putih punya ukuran layer yang lebih tipis dibandingkan dengan bawang bombay merah yang layernya tebal.
  2. Rasa bawang bombay putih cenderung lebih manis dan tidak menyengat, rasanya soft dan tidak sekuat bawang bombay merah, sehingga cocok diaplikasikan dalam berbagai jenis hidangan.
  3. Kulitnya cenderung tipis, tidak seperti bawang bombay merah yang memang memiliki kulit yang tebal, maka untuk bawang bombay putih ini ketebalan dari kulitnya relatif tipis, lapisan tiap dagingnya juga tidak setebal bawang bombay merah.
  4. Warna, perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi warna, karena bawang bombay putih punya warna kulit agak kecoklatan, sedangkan warna dagingnya sendiri adalah putih.

Penggunaan Bawang Bombay Putih

Nantinya bumbu dapur yang satu ini juga dapat dipakai untuk beragam jenis hidangan, yaitu:

  1. Digunakan sebagai onions ring, tentunya tak asing dengan hidangan yang satu ini bukan. Karena cita rasanya yang tidak terlalu kuat, terbilang lebih soft dan juga punya aroma yang tidak begitu menyengat, sehingga jenis bawang bombay yang satu ini paling banyak dijadikan sebagai onions ring.
  2. Campuran untuk sup, pemakaian yang lainnya adalah digunakan sebagai bahan atau bumbu untuk sup, sup yang juga tidak terlalu kuat rasanya, tidak seperti bawang bombay merah yang dipakai dalam pembuatan kari.
  3. Bahan tambah untuk membuat capcay, capcay khususnya yang sering dibuat di Tiongkok pada dasarnya juga mengandalkan bahan dari bawang bombay ini sebagai bagian penyedap.

Tips Mengolah Bawang Bombay

Agar mendapatkan cita rasa masakan yang lebih nikmat, maka berikut ini diantaranya beberapa tips dalam mengolah bawang bombay tersebut, yaitu:

  1. Gunakan bawang bombay yang masih segar, karena aromanya sendiri masih kuat dan nikmat untuk dijadikan sebagai bumbu dapur.
  2. Sebaiknya hindari memakai bawang bombay yang sudah tumbuh tunas baru, karena rasanya agak pahit.
  3. Hati-hati dengan sensasi pedas sehingga membuat Anda menangis ketika memotong bawang bombay tersebut, karena ia mengeluarkan gas yang lebih besar dibandingkan bawang biasa yang menyebabkan sensasi perih di mata.

Belanja berbagai kebutuhan dapur Anda sekarang ini memang jauh lebih mudah, tanpa harus kemana-mana, cukup dengan mengandalkan aplikasi atau layanan dari TaniHub saja, ia termasuk dalam platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Berbicara mengenai harga yang ditawarkan sendiri juga terjangkau, pilihan produknya lengkap dari berbagai macam kategori, tak jarang juga selalu ada promo istimewa yang ditawarkan, sehingga belanja jadi jauh lebih hemat lewat TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *