Cara Mengatur Keuangan Dengan Pembagian 50:30:20

Bagi yang ingin mengatur keuangan, ada banyak metode yang bisa digunakan. Berbagai metode tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga penghasilan yang dimiliki untuk mendapatkan metode yang paling efektif. Salah satu metode cara mengatur keuangan yang terkenal adalah dengan membagi penghasilan ke dalam beberapa presentase. Anda bisa mengatur keuangan dengan presentase 50:30:20 yang disarankan oleh Elizabeth Warren dan Amelia Warren Tyagi. Nama tersebut tentunya sudah tidak asing lagi karena Elizabeth Warren merupakan salah satu kandidat presiden Amerika Serikat dan terkenal dengan kepintaran, gelar, dan juga pengalamannya dalam bidang ekonomi.

Saat akan menjalankan pengaturan dengan pembagian presentase tersebut tentunya juga perlu didukung dengan pengaturan lainnya. Seperti pada umumnya Anda tentunya perlu untuk mempunyai pengaturan keuangan dengan rencana anggaran. Selain itu juga bisa dengan membagi prioritas terlebih dahulu sehingga bisa menyingkirkan anggaran untuk belanja yang tidak penting dan dibutuhkan. Sehingga dengan melakukan hal tersebut maka pembagian 50-30-20 tersebut akan menjadi lebih efektif. Untuk pembagian tersebut sendiri terdiri dari beberapa hal berikut ini:

1. 50 persen untuk kebutuhan

Cara mengatur keuangan menurut Elizabeth Warren tersebut yang pertama adalah menempatkan jumlah paling besar yaitu 50% dari penghasilan Anda untuk kebutuhan. Tentunya sebelum berbagai hal lainnya, pastikan bahwa kebutuhan Anda setiap bulannya sudah tercukupi terlebih dahulu. Apabila kebutuhan masih tidak bisa terpenuhi, maka jangan sisakan uang untuk hal lainnya. Gunakan setengah dari penghasilan yang dimiliki tersebut untuk melakukan pembayaran dan pembelian yang dibutuhkan. Seperti untuk membayar cicilan rumah, cicilan kendaraan, membayar asuransi, membayar hutang, membayar listrik, membayar tagihan lainnya, dan belanja kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan dan minuman. Biaya hidup sehari-hari tersebut memang menyita uang yang paling besar, sehingga menghabiskan hingga 50 persen penghasilan yang Anda dapatkan.

2. 30 persen untuk keinginan

Presentase selanjutnya dari keuangan Anda yaitu 30 persen bisa digunakan untuk mendapatkan hiburan dan keinginan. Apabila semua kebutuhan sudah terpenuhi maka selanjutnya bisa untuk fokus untuk hal-hal yang diinginkan. Sehingga tidak hanya perlu bekerja keras, tetapi juga berikan reward untuk diri dan keluarga sehingga bisa menggunakan 30 persen dari anggaran untuk kegiatan yang menyenangkan dan memberikan hiburan untuk Anda dan keluarga. Hal tersebut bisa dilakukan dengan makan bersama keluarga di luar rumah, nonton film, menikmati konser atau liburan, membeli tas dan gadget baru, dan lainnya yang diinginkan.

3. 20 persen untuk tabungan

Sisa penghasilan 20 persen yang dipunyai adalah untuk tabungan. Pastikan Anda mempunyai tabungan dan juga simpanan dana darurat. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat keuangan tetap sehat karena apabila mempunyai kebutuhan mendadak yang di luar pengeluaran maka tidak bisa mengandalkan manfaat dari dana simpanan yang dipunyai. Selain itu dana tersebut juga bisa digunakan untuk investasi yang bisa membuat pemasukan keuangan lebih besar. Jumlah tabungan tersebut setidaknya adalah 3 bulan gaji yang dipunyai.

Dengan membagi penghasilan tersebut dengan presentase yang tepat maka bisa untuk mempunyai keuangan yang lebih sehat. Cara mengatur keuangan 50-30-20 seperti di atas juga bisa dilihat tidak akan menyiksa diri sehingga perlu untuk berhemat. Anda juga bisa menikmati penghasilan yang dimiliki dengan 30 persen penghasilan yang digunakan untuk keinginan, akan tetapi tentunya setelah memastikan bahwa kebutuhan yang dipunyai sudah tercukupi dan memastikan mempunyai dana tabungan yang bisa menghindari hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *