4 Solusi Anak Susah Makan, Mudah Dipraktekkan Sendiri di Rumah

Anak susah makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor dalam maupun luar. Faktor dari dalam atau diri anak sendiri seperti kurang enak badan, adanya gangguan pada mulut, susah menelan maupun mengunyah bisa menjadi faktor anak malas untuk makan.

Faktor luar penyebab anak susah makan, misalnya bosan dengan menu makanannya, tidak berselera dengan makanan yang disajikan, fokus pada aktivitas lain, dan lain sebagainya.

Anak susah makan merupakan permasalahan serius bagi setiap orang tua. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang mencari solusi anak susah makan.

Berikut ini 4 solusi anak susah makan yang sangat mudah dipraktekkan sendiri di rumah.

1. Membuat tampilan makanan beda dari biasanya

Anak-anak cenderung tertarik terhadap barang baru, termasuk dalam hal tampilan makanan. Anak susah makan bisa jadi disebabkan bosan dengan menu maupun tampilan dari makanan yang disajikan.

Untuk menggugah selera makan anak, Anda bisa mengkreasikan makanan menjadi berbagai bentuk yang menarik. Misalnya, Anda bisa mencetak nasi pada bentuk kartun dan menghiasnya dengan sayuran agar tampilan lebih menarik.

2. Mengajak anak menyiapkan menu makanannya

Anak-anak suka melakukan aktivitas yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Agar lebih semangat untuk makan, Anda bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu makanannya.

Anda bisa meminta anak untuk melakukan hal sederhana seperti mencuci sayur atau buah. Dengan mengajak anak menyiapkan menu, anak akan lebih bersemangat untuk menyantap menu makanannya.

3. Membuat variasi menu makanan

Anak-anak memang cenderung setia pada satu menu makanan. Namun, Anda tidak boleh melulu memberikan menu makanan yang sama. Anda bisa membuat variasi menu makanan setiap harinya agar anak tidak merasa bosan.

Rasa bosan pada menu makanan bisa menjadi penyebab anak susah makan. Solusi anak susah makan dengan membuat variasi pada menu bisa menjadi salah satu alternatif yang mudah diterapkan.

4. Mengatur jadwal makan

Disiplin perlu dibina sejak kecil termasuk mengenai waktu makan. Anda bisa mengatur jadwal makan untuk anak. Dengan jadwal rutin tersebut, anak secara otomatis akan mengikuti pola makan yang diterapkan.

Di sela-sela jadwal makan besar, Anda bisa memberikan snack maupun buah sebagai cemilan. Namun, Anda harus mengatur porsinya dengan tepat agar anak tidak terlalu kenyang saat waktu makan besar tiba.

Demikian 4 solusi anak susah makan yang bisa Anda terapkan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *