Ikut Seleksi Karir Astra? Simak Tips Lolos Seleksinya Berikut

Popularitas dan nama besar PT Astra International Tbk di Indonesia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Kini, perusahaan ini telah menjadi salah satu perusahaan bergengsi bahkan dianggap sebagai tempat kerja impian generasi muda. Oleh karena itu, tak mengherankan jika pada akhirnya informasi seputar lowongan karir Astra juga selalu ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja.

Dalam sejarah panjangnya, Astra berdiri sejak tahun 1957 dan kini telah memiliki jumlah karyawan aktif sebanyak lebih dari 222.000 orang dan 240 anak usaha. Perlu diketahui, sebagai perusahaan multinasional, lingkup usaha Astra terbagi menjadi tujuh segmen, yaitu:

  • Perdagangan Umum
  • Industri
  • Jasa Pertambangan
  • Perusahaan Transportasi Indonesia
  • Perusahaan Logistik atau Pengangkutan
  • Pertanian atau Agribisnis
  • Pembangunan dan Jasa Konsultasi

Saat ini, perusahaan Astra dan juga seluruh anak perusahannya tengah mengadakan recruitment besar-besaran yang terbuka bagi fresh graduate, pekerja berpengalaman, hingga kalangan profesional sekalipun. Hal ini pun tentu bisa menjadi salah satu peluang bagi Anda untuk berkarir di Astra.

Bagi Anda yang berminat, cek informasi serta tips penting berikut ini:

Tips Lolos Seleksi Astra Karir

Perjalanan Astra hingga berhasil menjadi sebesar sekarang tentu tak lepas dari kerja keras para karyawannya. Maka tak heran bila Astra selalu mencari talenta-talenta baru untuk mendapatkan karyawan berkualitas.

Di lain sisi, setiap Astra membuka lowongan kerja pun, pelamarnya selalu membludak. Hal itu kemudian membuat daya saing antar pelamar menjadi cukup tinggi. Nah, agar Anda bisa lolos seleksi karir Astra, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Mengajukan lamaran sesuai kualifikasi serta pastikan semua syarat dari posisi yang diincar mampu Anda penuhi. Sebab, dengan terpenuhinya semua syarat, Anda bisa memastikan posisi lamaran Anda aman dan layak di mata perekrut.
  2. Keterampilan atau skill sebagai hal penting saat pengajuan posisi kerja. Nantinya, Anda akan mampu bersaing secara sehat melawan kandidat yang lebih berpengalaman hanya dengan mengandalkan skill Anda.
  3. Pengalaman menjadi nilai plus, namun Astra juga menerima fresh graduate karena lowongan Astra terbuka untuk berbagai latar belakang, misalnya lulusan SMA dan/atau sederajat, mahasiswa (untuk magang), dan fresh graduate. Jadi, tidak perlu ragu untuk bergabung apabila Anda mempunyai pengalaman dan skill bekerja.
  4. Pelajari dengan baik perusahaan yang Anda lamar. Sebagaimana diketahui, Astra memiliki banyak anak perusahaan, jadi setelah melamar, cobalah mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Contohnya, SERA, perusahaan transportasi dan logistik anak perusahaan Astra.
  5. Terakhir, cobalah mencari informasi tentang tes masuk Astra dari orang lain atau sesama pelamar. Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda agar lebih siap menjalani tes.

Cari Lowongan Kerja yang Tepat

Setelah memahami tips penting untuk membantu Anda lolos seleksi Astra karir, mungkin Anda akan menjadi semakin tertarik dan berminat melamar lowongan Astra karir. Bila demikian, Anda bisa mulai mencari lowongan pekerjaan yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda.

Untuk mengecek ada tidaknya lowongan, Anda bisa segera kunjungi laman resmi Astra karir dan menuju ke menu “Lowongan”. Biasanya di sini tersedia dua jenis lowongan, yaitu untuk lulusan baru dan mahasiswa dengan pengalaman kurang dari tiga tahun, serta lowongan untuk profesional dengan pengalaman kerja lebih dari tiga tahun.

Selain itu, di Astra karir, Anda akan menemukan 14 bidang yang bisa dilamar, antara lain:

  1. Accounting and Tax
  2. Development Program
  3. Legal
  4. Finance and Treasury
  5. Secretary and Personal Assistance
  6. Audit and Risk Management
  7. Environment, Health, and Safety
  8. Strategic Planning
  9. General Affair
  10. Security and Task Force
  11. Communication
  12. Information Technology
  13. Data and Statistics
  14. Human Capital

Umumnya, lowongan yang dibuka tentu tidak selalu tersedia di semua posisi. Oleh karena itu, sebelum mendaftar lowongan karir Astra dan mengirimkan lamaran, pastikan terlebih dahulu jika posisi yang Anda incar memang tersedia lowongannya di sana. 

Kemudian baca dan pahami dengan teliti setiap deskripsi dan persyaratan pekerjaannya. Setelahnya, segera lamar dan tunggu informasi selanjutnya mengenai kelanjutan dari proses rekrutmen tersebut.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai bagaimana tips penting bagi pelamar dalam tahapan seleksi dari lowongan Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *